Rabu, 23 November 2016

Buni Yani Pemilik Akun Facebook yang Mengunggah Video Ahok Jadi Tersangka ???

Tags

JAKARTA, Buni Yani pemilik akun facebook yang mengunggah ulang video pidato Ahok di kepulauan seribu yang menistakan agama Islam dijadikan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya. 

BY di yang dilaporkan oleh Kotak Adja (Komunitas Muda Ahok Djarot) ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda dengan dugaan pencemaran nama baik dan penghasutan berkaitan dengan SARA.

Awi Setiyono selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya pada hari Rabu tanggal 23 November 2016 mengatakan "Hasil pemriksaan konstruksi hkum pengumpulan alat bukti penyidikk. Dgn bukti awal yg cukup, bapak Buni Yani kami statusnya kami naikkan menjadi tersangka,".

"pihak kami memenuhi dari empat alat bukti. 1 keterangan saksi, 2 keterangan ahli, ke-3 surat, dan ke-4 bukti petunjuk. Karena unsur hukumnya sudah terpenuhi maka kita jadikan tersangka," tambah Awi.
Buni Yani dijadikan tersangka. (Foto: kompas.com)

BY diancam dengan Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 ayat (2) UU 11 Thn 2008 mengenai Informasi Teknologi dan Transaksi Elektronik tentang penyebaran informasi yg diduga berpotensi menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA, dengan denda maksimal 1 milyar rupian dan kurungan penjara 6 tahun.

Dilain kesempatan, pihak pelapor melalui Muannas Alaidid selaku Ketua Kotak Adja, menjelaskan bahwa mereka melaporkan BY sebagai pemilik akun facebook yang mengposting video pidato Ahok di Kepulauan Seribu yang diduga sumber provokasi masyarakat dengan isi pidato jelas menistakan agama Islam.

Kita tunggu kelanjutannya, Ahok sudah jadi tersangka dan masih bebas berkeliatan, apakah BY juga bisa bebas berkeliaran. (nsr)


EmoticonEmoticon