Selasa, 06 Juni 2017

Tips Menjaga Mesin Yamaha R25 Tetap Dingin

Tags




Yamaha R25 merupakan salah satu motor sport andalan Yamaha yang dikeluarkan pada tahun lalu. Brand Yamaha memang merupakan salah satu brand yang populer dengan keberadaan motor sport yang dimilikinya. Hingga saat ini keberadaan motor sport Yamaha termasuk Yamaha R25 mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat terutama karena penampilannya yang super menarik. Akan tetapi keberadaan motor yang memiliki tampilan yang gagah ini harus diiringi dengan isu bahwa mesin yang dimilikinya cepat panas. Seperti yang kita ketahui jika mesin motor anda lekas panas ia akan mengalami suatu titik dimana terjadi over heating. Jika over heating terjadi pada mesin motor maka motor akan mati atau bahkan rusak. Sesungguhnya motor yang diproduksi dengan baik tidak akan mengalami hal seperti ini, tapi meski panas, belum pernah ditemukan motor Yamaha R25 yang mati mesin karena panasnya.

Bagi anda yang menggunakan motor Yamaha anda untuk berkendara sehari-hari memang tidak akan mendapatkan masalah dengan mesin dari Yamaha yang lekas panas ini akan tetapi jika anda sering melakukan balap atau touring mungkin anda akan terganggu dengan panas mesin yang terjadi pada motor anda. Lalu bagaimana cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari terjadinya mesin panas ini? Bagi anda yang mengalami masalah mesin panas pada motor Yamaha R25 berikut ini adalah beberapa tips untuk menghindari motor cepat panas yang bisa anda lakukan.
Memilih radiator coolant yang tepat
Ketika anda mengalami mesin motor yang cepat panas, salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti radiator coolant yang ada di motor anda. Bagi anda yang ingin menggantinya, anda perlu memilih sesuai dengan kebutuhan motor anda. Lalu bagaimana untuk mengetahuinya? Bagi anda yang ingin mengganti radiator coolant untuk motor Yamaha R25 anda, anda perlu menanyakannya dulu pada bengkel resmi Yamaha yang terdekat dengan anda untuk menanyakan radiator coolant yang cocok untuk motor anda.
Hindari beban berlebih
Salah satu cara yang paling baik untuk mengurangi hawa panas dari mesin motor anda adalah dengan mengetahui penyebab-penyebab mesin lekas panas pada motor anda. Salah satu alasan mengapa motor Yamaha R25 anda cepat panas adalah karena beban motor yang terlalu berat. Oleh karena itu bagi anda yang ingin menjaga motor anda tetap dingin anda bisa mengatur sendiri yang anda bonceng. Sebetulnya ketika anda mengunakannya untuk aktivitas sehari-hari anda tidak perlu khawatir dengan beban yang motor anda bawa karena panas mesin dapat lekas hilang. Tapi beda hal jika anda sedang melakukan touring. Ketika anda melakukan perjalanan jarak jauh seperti touring ini anda perlu lebih berhati-hati dalam membawa beban. Untuk motor sekelas Yamaha R25 pastikan bahwa beban yang anda bawa tidak lebih dari 15 kilogram. Jika beban motor anda lebih dari ukuran berat diatas mungkin akan sulit bagi anda untuk menjaga mesin motor anda agar tidak cepat panas.
Rutin ganti oli motor
Mengganti oli motor merupakan salah satu hal wajib yang perlu anda lakukan. Bukan hanya untuk mesin motor besar seperti motor Yamaha anda. Setiap motor yang anda miliki perlu melakukan penggantian oli secara rutin untuk membuatnya lebih awet untuk digunakan. Untuk mengganti oli motor anda anda bisa memilih apakah anda akan menggantinya berdasarkan bulan atau berdasarkan kilometer penggunakan Yamaha R25 anda.



EmoticonEmoticon