Sabtu, 27 April 2019

Syarat-syarat Pendaftaran Merek, Yuk Simak

Tags

Pendaftaran merek dagang bisa didaftarkan dengan mudah. Namun banyak orang yang bingung dengan cara dan syarat-syarat yang dibutuhkan. Apa itu merek? yaitu sebuah symbol atau tanda dari sebuah usaha bisnis yang bisa berupa gambar, nama, huruf, angka, susunan warna, kombinasi dan lain sebagainya. Keberadaan merek sangat penting, karena dengan adanya merek maka meningkatkan nilai jual asset perusahaan. Merek juga digunakan sebagai jaminan atas mutu produk atau jasa. Merek juga digunakan sebagai alat promosi untuk mempromosikan produk atau jasa. Juga sebagai tanda pengenal untuk membedakan barang dan jasa yang dihasilkan oleh pebisnis. Keberadaan merek sangat penting, apalagi bagi usaha besar seperti perusahaan. Merek antara perusahaan satu dengan yang lainnya harus berbeda, agar merek anda tidak ditiru oleh perusahaan lain maka anda harus mendaftarkan terlebih dahulu.

Untuk mendaftarkan merek anda harus menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Syarat-syarat tersebut harus anda ajukan ke Dirjen HKI. HKI merupakan hak kekayaan intelektual yang timbul dari hasil olah pikir otak yang menghasilkan suatu produk. Produk tersebut sangat berguna untuk manusia dan diakui oleh Negara dengan berdasarkan Undang-Undang yang berlaku. Berikut ini adalah syarat dan tahapan yang harus anda ketahui untuk pendaftaran merek :

1.    Penelusuran merek
Syarat pertama untuk mengajukan merek ke HKI adalah merek anda belum digunakan orang lain. Untuk mengetahui apakah merek anda sudah dipakai atau belum anda bisa mencari di Google. Ketik merek yang akan anda gunakan. Jika belum digunakan maka anda bisa mengajukannya ke HKI. Selain mengecek di Google bisa juga dengan konsultasi ke HKI. Anda bisa menggunakan secara online fasilitas yang sudah disediakan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual melalui alamat situs http://laman.dgip.go.id/.

2.    Prosedur Mendaftarkan Merek
Adapun prosedur untuk pendaftaran merek adalah dengan mengunduh formulir melalui situs www.dgip.go.id. Selanjutnya pilih laman resmi DJKI, pilih layanan kekayaan intelektual dan pilih formulir atau unduh formulir permohonan. Isi pengaturan dengan data yang ada. Ada beberapa dokumen penting yang harus anda siapkan, di antaranya harus mengisi dua formulir rangkap dengan menggunakan kertas A4. Pada masing-masing formulir tersebut silahkan tempel nama merek dan juga logo yang ingin didaftarkan. Sediakan juga surat persetujuan dengan jumlah 1 rangkap sesuaikan nama dan alamat. Jangan lupa siapkan foto copy KTP pemohon atau direktur. Etiket merek atau logo dan juga nama merek sebanyak 10 buah dengan ukuran 8 x x cm atau minimal 4 x 4 cm. Jangan lupa sediakan uang sebesar Rp 2.000.000 perkelas dalam satu merek.Jika sudah melakukan pendaftaran maka masukkan semua dokumen dan juga bukti pembayaran ke loket DJKI di kantor wilayah terdekat dengan lokasi anda.

3.    Pemeriksaan formalitas dan pemeriksaan subtantif
Setelah mendaftar maka Ditjen HKI akan mengumumkan dan diterbitkan. Pastikan melengkapi syarat-syarat di atas, sehingga proses anda tidak akan ditangguhkan hingga waktu 2 bulan. Dan harus melengkapi apa saja kekurangannya. Adapun pemeriksaan substantive adalah pemeriksaan yang dilakukan dalam jangka waktu satu bulan. Pembaharuan sejak penerimaan registrasi diterima oleh Ditjen HKI, dan diperiksa sesuai dengan UU yang berlaku.
4.    Pengajuan keberatan dan sanggahan
Jika Ditjen HKI sudah menerima permintaan merek dan melakukan proses pemeriksaan, maka langkah selanjutnya adalah mengumumkan permintaan dalam berita resmi merek. Pengumuman ini akan berlangsung selama 3 bulan. 

5.    Melakukan pemeriksaan kembali
Jika anda ingin meminta persetujuan, maka Ditjen HKI akan meminta persetujuan sebagai pertimbangan untuk selanjutnya mengadakan pemeriksaan kepada pemohon merek. Jika tidak ada masalah maka Ditjen HKI akan menerbitkan dan memberikan sertifikat merek kepada pemohon dalam waktu 30 hari. 

Namun bila anda masih kebingungan dalam melakukan pendaftaran merek seperti di atas. Maka anda bisa meminta bantuan dari jasa yang mampu menangani pendaftaran merek. Salah satu jasa yang bisa anda datangi adalah Legistra. Legistra adalah konsultan yang berpengalaman untuk membantu orang dalam pendirian badan usaha dan mengurus perizinan di berbagai bidang usaha. Seperti kontruksi, fintech dan industry. Di tempat ini anda bisa mendapatkan pelayanan seperti perizinan usaha, template perjanjian, pendaftaran franchise, pendirian badan usaha dan juga pendaftaran merek atau HAKI. Ada banyak sekali kelebihan yang ada pada jasa ini, antara lain sudah memiliki pengalaman dalam memberikan pelayanan, baik pendirian badan usaha dan perizinan dan lainnya yang masih dalam sector industry. Proses di tempat ini juga sangat mudah dan tepat waktu. Untuk harga jasa masih terjangkau. Bagi anda yang tertarik menggunakan jasa Legistre untuk melakukan pendaftaran pada merek maka anda bisa berkunjung ke Rukan Fatmawati Mas, Blok B1, No. 114. Jalan RS. Fatmawati No.20, Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta 12430, Indonesia. Bisa juga menghubungi secara online di halo@legistra.id. Untuk nomor kontak yang bisa dihubungi adalah 021-3970 0303. Temukan juga segala info yang berhubungan dengan pendirian usaha atau bisnis dengan mengunjungi Legistra. Anda akan menemukan beragam artikel keren yang kaya akan info.


EmoticonEmoticon